Yuk Pilah Sampah, mulai sekarang !


Sebagian besar orang di Indonesia masih kurang terlalu peduli terhadap sampah. Seringkali kita bahkan merasa lebih baik menjauh dari pembicaraan terkait dengan sampah.  Kebanyakan masyarakat masih memandang pembicaraan terkait dengan sampah hanya untuk dibicarakan oleh kalangan pemerhati lingkungan hidup saja. Tidak dianggap sebagai masalah yang serius, hanya dibahas pada saat menjelang Hari Lingkungan Hidup saja. Padahal issue terkait sampah ini seharusnya jadi issue kita bersama, kepedulian kita semua.

Sebagai contoh, masih banyaknya kita temui orang dengan seenaknya membuang sampah sembarangan, misalnya di jalan raya, di sekolah, di tempat peribadatan, di tempat wisata dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang juga kita melihat banyaknya sampah menggunung justru berada persis di depan tulisan, “Dilarang Membuang Sampah Sembarangan”. Bagaimana menurut anda ? Miris sekali lagi bukan ?

Suka atau tidak, harus kita akui bahwa inilah fakta yang terjadi di negeri kita tercinta, Indonesia. Bahkan di beberapa wilayah, sampah yang seharusnya memiliki potensi ekonomi apabila dapat di kelola dengan baik, menjadi masalah karena tidak terkelola dengan baik. 

Di banyak tempat banyak sampah bercampur aduk tidak karuan. Ada sampah daun dan sayur, kertas, plastik, seng, besi, aluminium, jarum suntik, obat-obatan, baterai dll. Satu dengan lain akan bereaksi dan membentuk senyawa yang lebih berbahaya. Celakanya, senyawa-senyawa itu kemudian ada yang terserap ke tanah, ada yang mengudara, ada yang mengalir, dan akhirnya masuk ke dalam tanaman kita, kemudian ke hewan dan akhirnya ke kita. Nah kalau sudah begini, Siapa yang rugi? Ya, pasti kita semua !

Untuk mengurangi resiko tersebut, maka pemilahan sampah menjadi sesuatu yang harus segera dilaksanakan oleh semua unsur masyarakat pada semua aktivitas. Pemilahan juga memudahkan penanganan sampah. Misalnya, sampah organik dapat kita olah menjadi kompos, biogas atau bentuk lainnya.

Terkait dengan hal di atas, kami menawarkan solusi tepat guna terkait dengan pemilahan sampah. Kami menawarkan produk tempat sampah terpilah yang terbuat dari fiber berkapasitas 40L, 50L dan 120L dengan variasi bentuk yang juga beragam.

Produk tempat sampah fiber kami memiliki keunggulan antara lain :

  1. Memiliki permukaan yang sangat halus di bagian luar, namun bagian dalamnya akan terlihat serat-serat fiber tentu saja hal ini tidak menjadi masalah untuk aplikasinya sebagai tempat sampah.
  2. Dibandingkan dengan plastik, bahan fiberglass jauh lebih ulet dan tahan banting sehingga umur ekspektasinya jauh lebih lama dibandingkan plastik.
  3. Adapun jika terjadi retak pada produk fiberglass, reparasi dapat dengan mudah dilakukan cukup dengan melapisi bagian dalamnya dengan fiberglass dan cairan resin yang sudah diberi katalis.
  4. Penggunaan pewarna internal atau dikenal dengan pigment, yaitu pewarnaan menyatu dengan produk sehingga tidak dapat luntur dikarenakan faktor lingkungan.
  5. Gelcoat pada fiberglass akan membuat permukaan produk lebih tahan luntur dan tahan gores dibandingkan produk plastik
  6. Fiberglass juga luas penggunaanya karena terkenal tahan terhadap air ataupun bahan-bahan kimia, mengingat zat-zat kimia yang terkandung pada sampah cukup berpotensi merusak tempat sampah.

Nah setelah mengetahui bahwa pemilahan sampah adalah masalah kita semua dan keunggulan produk tempat sampah berbahan fiber glass kami, jadi tunggu apalagi. Yuk dari sekarang kita mulai gerakan pemilahan sampah ini bersama kami.

Dengan senang hati kami akan menjadi mitra setia anda dalam pemilahan sampah

Mari Kita lakukan pemilahan sampah untuk kebersihan dan kesehatan lingkungan kita.

Mulai dari diri kita, Mulai dari hal kecil

Mulai dari sekarang

Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?

Kalau bukan kita, siapa lagi ?

Lucy Herny

CV Markom

Pundong, 25/03/2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *