JANGAN BUANG SAMPAHMU

Jujur saja, pasti banyak orang yang akan mengernyitkan dahi begitu mendengar pernyataan di atas. “Sampah kok gak boleh di buang ? itu kan barang bekas, kotor. Kalau sampah tidak boleh dibuang, maka pasti rumah kita akan kotor dan berantakan” begitu lah respon yang sering kita dengar.

Seringkali kita abai dan lupa bahwa ternyata kita bisa banyak berkreasi dari barang yang sudah tidak terpakai lagi. Padahal setiap kita, setiap rumah setiap harinya pasti akan menghasilkan berbagai jenis limbah atau sampah yang tidak bisa dibilang sedikit. Jenis limbahnya pun bermacam-macam, mulai dari sampah dari dapur seperti sisa sayur-sayuran, bagian potongan dari buah-buahan, plastik dengan berbagai ukuran bentuk, botol plastik, kantung kresek dan lain sebagainya.

Kita seringkali membuang begitu saja semua benda itu, karena menganggap bahwa benda itu adalah benda yang kotor dan tidak dapat digunakan lagi. “Urusan sampah adalah urusan pemerintah”, begitulah seringkali kita berkilah. Padahal setiap kita adalah produsen sampah setiap harinya. Maka sudah selayaknyalah kalau setiap kita juga memiliki kesadaran bahwa setiap kita bertanggung jawab terhadap pengelolaan sampah sekalipun dengan cara yang paling sederhana.

Apabila setiap kita memiliki kesadaran untuk bertanggung jawab terhadap urusan sampah yang kita produksi setiap hari, maka kita tidak hanya akan mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat, akan tetapi pemanfaatan sampah juga akan meningkatkan pendapatan keluarga. Selain itu juga sekaligus membuat tugas pemerintah menjadi lebih ringan. Menarik bukan ?

Benarkah sampah dapat meningkatkan pendapatan keluarga ? jawabannya Bisa.

Bagaimana caranya ? Yuk, ikuti tips-tips dibawah ini :

  1. Pilah sampah

Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah memilah sampah. Pilahlah sampah sesuai dengan jenisnya, seperti organik, an organik,  Bahan Berbahaya dan Beracun, sampah kertas dan juga jenis lainnya.

Untuk memudahkan, gunakanlah tempat sampah terpilah.

  • Memanfaatkan Limbah Plastik

Disadari atau tidak, plastik menjadi salah satu limbah yang paling banyak ditemukan dalam limbah rumah tangga. Daripada membuang plastik begitu saja, ada baiknya mulai sekarang kita berpikir untuk menghasilkan uang melalui limbah ini.

Caranya adalah dengan mengubahnya menjadi kerajinan rumah tangga. Melalui botol-botol minuman plastik atau plastik detergen dan makanan lainnya, kita bisa membuat berbagai kerajinan yang menarik seperti tas, tempat alat tulis, pot bunga, hingga aksesoris interior cantik lainnya.

  • Memanfaatkan Limbah Sayur atau Buah

Berbagai bagian sayur dan buah yang tidak terpakai biasanya akan langsung kita dibuang ke tong sampah begitu saja.

Padahal limbah sayur dan buah ini dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos untuk membuat tanaman-tanaman di sekitar rumah kita menjadi subur.

Daripada mengeluarkan uang untuk membeli pupuk kimia di toko, lebih baik membuat pupuk kompos sendiri dengan memanfaatkan limbah dapur tersebut. Selain gratis, pupuk kompos juga jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pupuk kimia.

Cukup dengan melakukan tiga langkah ini, kita akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

 Yuk, kita mulai dari sekarang

Mulai dari hal kecil, Mulai dari diri kita sendiri, Mulai dari sekarang

Kalau tidak sekarang, kapan lagi ? Kalau bukan kita, siapa lagi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *