INI TEMPAT SAMPAHKU, MANA TEMPAT SAMPAHMU ?

Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikannya. Toh kegunaannya hanyalah untuk tempat sampah saja. Tempat membuang barang-barang yang tidak kita butuhkan lagi. Bahkan, dewasa ini kita kerap menjumpai gentong maupun kardus besar yang berfungsi sebagai tempat sampah. Di sini jelas, apa pun wujudnya–tempat sampah sebetulnya dapat berupa apa saja. Toh, fungsinya memang hanya menampung “sampah”–sesuatu yang kotor, tidak lagi dipakai, dan telah dibuang. Sehingga tidak terlalu mengherankan kalau sebagian besar orang tidak terlalu memusingkan ukuran apalagi bentuknya, sisi estetika dari sebuah tempat sampah.

Akan tetapi di disisi lain, keberadaan tempat sampah lengkap dengan pertimbangan estetikanya mulai banyak merebak di berbagai instansi pemerintah, perusahaan, sekolah (TK hingga perguruan tinggi) atau pun lembaga lainnya. Banyak pihak saat ini mulai memandang bahwa memberi sentuhan estetika pada sebuah tempat sampah akan justru dapat mempercantik lingkungan alih-alih hanya menjadi tempat barang yang sudah tidak digunakan lagi.

TIPS MEMILIH TEMPAT SAMPAH

Bentuk tempat sampah bermacam-macam, ada yang tempat sampah injak, tempat sampah mobil, sekadar tong tanpa penutup atau pun yang lainnya. Yang terpenting dari semua itu adalah Kunci utamanya ditentukan dulu, yakni terlebih dulu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Yaa, …. andalah yang menentukan sendiri ukuran dan bentuk tempat sampah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda sendiri.

Besar atau Kecil ?

Sebelum membeli jenis tempat sampah yang diincar, ada baiknya untuk terlebih dulu menentukan: di ruang manakah tempat sampah itu akan diletakkan? Tujuannya, adalah untuk menentukan ukuran standar tempat sampah yang akan Anda gunakan.

Bagaimana pun, tempat sampah yang terlalu besar tentu akan “mengalihkan fokus” ke kotoran yang menumpuk; sehingga ruang jadi terkesan kotor dan berantakan. Sebagai gantinya, pilihlah jenis tempat sampah yang memiliki kapasitas sesuai dengan kebutuhan Anda. Memang, terkesan sepele dan tidak berarti banyak. Namun, dalam jangka panjang–cara ini dapat mempermudah perawatan dan kebersihan tempat sampah, tersebut.

Salah satu tips, Anda dapat menggunakan tempat sampah berukuran kecil dan berwarna cerah untuk ruang tidur. Tujuannya, tentu bukan hanya sebagai wadah sampah; melainkan juga membuat ruang tidur terkesan bersih dan lapang. Adapun tempat sampah yang akan diletakkan di luar ruang; disarankan untuk memilih tempat sampah yang tahan terhadap paparan cuaca ekstrem, seperti halnya fiber.

Harus dipahami, untuk tempat sampah dengan fungsi outdoor, pastikan “tempat pembuangan” Anda ini terlindung dari paparan sinar Matahari, hujan, angin, dan lain sebagainya. Untuk mempermudah, disarankan untuk memilih tempat sampah yang memungkinkan Anda menempatkan kantong plastik. Tujuannya, bukan hanya mencegah sampah tercecer dan berantakan. Di sisi lain, cara ini juga memudahkan para petugas kebersihan–ketika menjalankan tugasnya mengangkut sampah.

Pilih Bahan Berkualitas

Keberadaannya memang kerap kali diabaikan. Namun, Anda tentu tidak ingin terus-terusan membeli tempat sampah–hanya karena barang tersebut mudah rusak, bukan? Karenanya, kualitas bahan adalah yang utama. Bukan hanya karena keawetannya saja, namun bahan baku yang berkualitas juga akan mencegah tempat sampah tersebut bocor dan membuat sampah yang berada di dalamnya menjadi berhamburan ke berbagai tempat. Hal inilah yang membuat pemilihan tempat sampah dengan bahan baku terbaik menjadi sangat penting untuk dilakukan. Nah bahan tempat sampah yang kami sarankan adalah fiberglass

Adapun untuk mempermudah sekaligus “merawat” kondisi tempat sampah, Anda bisa melapisi bak/tong tersebut dengan kantong plastik. Ketika isi wadah tersebut penuh, Anda tidak perlu repot mencuci dan membersihkannya. Cukup tinggal angkat plastiknya, lalu ganti kantong lama dengan yang baru. Mudah, bukan?

Tempat Sampah dengan Penutup

Siapa, sih yang tahan dengan bau busuk yang menyengat hidung?

Nah, untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk membeli tempat sampah yang memiliki penutup. Adapun selain mencegah persebaran bau tidak sedap, tempat sampah pun dapat terhindar dari gangguan binatang seperti kecoak, lalat, tikus, kucing, semut, bahkan belatung! Oh ya, sebelum memastikan membeli tempat sampah, pastikan penutup dibuat presisi dan sesuai dengan bentuk tempat sampahnya, ya.

Tidak dapat ditampik, sebuah rumah dapat mencerminkan karakter dan citra diri pemiliknya. Begitu pula dengan sebuah instansi atau lembaga, keasrian lingkungan kerja mencerminkan karakter atau citra orang-orang di dalamnya. Tentu saja, rumah / instansi / lingkungan yang bersih menandakan bahwa penghuninya senantiasa peduli dalam menjaga kesehatan, keteraturan, dan keharmonisan. Pada akhirnya, menjaga kebersihan rumah / instansi / lembaga / lingkungan sendiri tidak sebatas pada perkara membeli tempat sampah, menaruhnya di sudut ruang, membuang sampah di sana, lalu “memindahkannya” ke tempat pembuangan yang lebih besar.

Harus dipahami, kebersihan ruang adalah soal kebiasaan yang ditularkan. Entah itu pada anak-anak dan generasi muda; atau kepada tamu Anda yang tengah berkunjung. Menyediakan tempat sampah di sudut ruang rumah sendiri bukan hanya menjaga kebersihan hunian, melainkan juga “mengajarkan” orang lain untuk tidak membuang sampah sembarangan. Toh, bukankah “rumah” adalah unit pendidikan terkecil seseorang dalam masyarakat ?

Dengan berbagai pertimbangan pemilihan tempat sampah di atas, pastilah setiap orang memiliki pilihan dan selera yang berbeda-beda.

Solusi Kebersihan memahami hal ini, untuk itu kami tawarkan berbagai ukuran dan bentuk sesuai dengan kebutuhan anda disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *