BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, PENYAKIT INI AKAN DATANG

Buang sampah sembarangan berarti kita membuang limbah dengan segala kotoran dan kuman tidak pada tempatnya.  Misalnya, membuang puntung rokok di selokan, membuang baterai bekas di dekat area tempat tinggal, membuang plastik, botol bekas, kertas bekas bungkus makanan, atau sisa-sisa makanan begitu saja, di lingkungan rumah sekalipun.

Banyak orang tidak terlalu peduli terhadap hal ini. Menganggap hal ini bukan masalah besar bahkan menganggap hal ini adalah hal yang biasa saja.

Padahal hal ini apabila dibiarkan berlarut-larut tidak hanya dapat merusak pemandangan saja, akan tetapi dari segi kesehatan akan dapat menimbulkan penyakit. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang, dampak buruknya akan lebih luas lagi, yaitu penurunan kualitas hidup manusia.

CARA PENULARAN PENYAKIT AKIBAT BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Penularan penyakit dari sampah yang dibuang sembarangan dapat dibagi menjadi dua, yakni :

  1. Secara langsung

Penularan terjadi jika seseorang bersentuhan langsung dengan sampah yang mengandung kuman, lalu kuman tersebut masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Contoh lainnya adalah jika seseorang tergores kaleng berkarat dalam tumpukan sampah dan terluka, bakteri tetanus yang ada pada kaleng berkarat tersebut dapat masuk lewat luka dan menginfeksi tubuh.

  • Secara tidak langsung

Tumpukan sampah dapat menjadi tempat berkembangbiaknya hewan penyebar penyakit, seperti nyamuk, kecoak, lalat, dan tikus. Hewan-hewan tersebut dapat menjadi perantara bagi kuman penyakit untuk menyebabkan infeksi pada manusia.

JENIS PENYAKIT YANG MUNCUL AKIBAT BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Sampah yang berserakan memungkinkan kuman penyebab penyakit untuk berkembangbiak, dan dapat menjadi sarang bagi hewan perantara penyakit tersebut.

Berikut adalah berbagai penyakit yang umum terjadi akibat lingkungan yang kotor  :

  1. Penyakit yang disebabkan oleh parasit

Infeksi cacing adalah salah satu permasalahan yang bisa ditimbulkan akibat kebiasaan buruk membuang sampah tidak pada tempatnya. Misalnya infeksi cacing tambang dan cacing gelang. Selain cacing, parasit Toxoplasma gondii juga dapat berkembangbiak dalam tumpukan sampah yang terkontaminasi oleh kotoran hewan, misalnya kucing.

  • Penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Akibat kebiasaan buang sampah sembarangan, infeksi bakteri juga bisa mengintai Anda. Penyakit akibat infeksi bakteri yang perlu diwaspadai jika kebersihan lingkungan tidak terjaga yaitu diare, demam tifoid, kolera, tetanus, dan shigellosis.

  • Penyakit yang disebabkan oleh virus

Sama ganasnya dengan infeksi parasit dan bakteri, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus juga akan menjadi pelengkap derita orang-orang yang tidak memerhatikan kebersihan lingkungan. Contohnya penyakit hepatitis A dan gastroenteritis.

Dari penjelasan di atas, kebiasaan buang sampah sembarangan terbukti dapat merugikan Anda, orang-orang di sekitar, serta lingkungan.

Agar tidak terjangkit penyakit akibat sanitasi dan kebersihan lingkungan yang buruk, mulai sekarang biasakanlah membuang buang sampah pada tempatnya, dan jangan lupa cuci tangan setelahnya. Bingung mencari tempat sampah yang terpilah yang cocok untuk rumah, kantor, sekolah, Rumah Sakit, Bandara dan berbagai kebutuhan lainnya ? Perlu referensi mengenai bentuk dan ukurannya ? Yuk temukan jawabannya disini

Sumber : www.alodokter.com

https://www.alodokter.com/hentikan-kebiasaan-buang-sampah-sembarangan-dari-sekarang
https://www.alodokter.com/hentikan-kebiasaan-buang-sampah-sembarangan-dari-sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *