TIPS BERSIHKAN RUMAH SAAT TAK PUNYA WAKTU

Apakah Akhir-akhir ini pekerjaan Anda menumpuk sehingga kewalahan menangani urusan rumah terutama kebersihannya ? tetaplah Tenang, banyak cara untuk tetap bisa membersihkan rumah meski rasanya Anda tak punya waktu tersisa hanya untuk sekadar menyapu lantai.

Manajemen waktu mutlak diperlukan bagi Anda yang sibuk bekerja, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Di beberapa kesempatan tertentu, misalnya Lebaran dan Natal, kesibukan di rumah pun semakin meningkat seiring absennya kehadiran asisten rumah tangga. Jika Anda sedang menghadapi masalah tersebut.

Berikut tipsnya untuk Anda  :

  • Buat pengaturan waktu bersih-bersih

Buat timetable / jadual untuk melakukan berbagai kegiatan bersih-bersih. Sepakati jadual bersih-bersih ini dengan semua anggota keluarga / rekan kerja.

Misalnya, menyediakan waktu 15 menit sebelum tidur untuk beres-beres rumah, menyisihkan waktu setiap minggu untuk memvakum lantai, mencuci pakaian sambil mencuci piring, dan sebagainya. Multi tasking sangat diperlukan agar semua pekerjaan beres dalam satu waktu.

  • Bersih-bersih saat ada waktu luang

Saat Anda merasa memiliki sedikit saja waktu luang dari berbagai rutinitas, Anda bisa membersihkan bagian-bagian rumah tertentu, misalnya merapikan majalah dan koran yang berserakan, memvakum karpet, mengelap permukaan furnitur, mencuci pakaian, dan sebagainya.

  • Libatkan anggota keluarga / rekan kerja yang lain

Sebagai bagian dari satu keluarga / organisasi / lembaga, maka tidak ada salahnya kita juga melibatkan anggota keluarga / rekan kerja yang lain. Toch kalau lingkungan rumah, kerja, sekolah, organisasi kita tertata bersih dan asri, mood kita akan positive, begitu juga dengan produktifitas kita dengan sendirinya akan meningkat.

  • Anjurkan angota keluarga, rekan kerja membuang sampah pada tempatnya

Jangan pernah sepelekan tulisan “Terima kasih anda telah membuang sampah pada tempatnya” atau “Buanglah sampah pada tempatnya”. Ini bukan hanya jargon. Kebersihan akan tetap terjaga kalau minimal setiap anggota keluarga atau rekan kerja di kantor, sekolah, organisasi / lembaga lain juga ikut menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Tampak remeh bukan ? Tapi membuang sampah pada tempatnya kerapkali sulit dilakukan oleh orang tidak terbiasa melakukan hal tersebut.

Oleh karenanya perlu ada penekanan pada “anjuran” tersebut.

  • Sediakan tempah sampah terpilah

Sediakan tempat sampah dan tempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga, rekan kerja. Hal ini bertujuan agar anggota keluarga atau pun rekan kerja anda tak sembarangan membuang sampah sehingga rumah, kantor, sekolah atau ruang kerja lainnya tetap bersih meski jarang dibersihkan secara menyeluruh.

Pemilihan tempat sampah pun jadi penting, karena tempat sampah yang tepat akan dapat sangat membantu kita dalam hal kebersihan lingkungan rumah, kantor, sekolah ataupun ruang kerja lainnya. Apalagi kalau kita adalah termasuk orang-orang yang hanya memiliki sedikit waktu luang.

Bagaimana tempat sampah terpilah yang tepat dan cocok untuk segala keperluan ?

Jangan khawatir, CV Markom akan selalu menjadi teman setia anda semua dalam menjaga lingkungan agar selalu bersih dan asri. Kami menyediakan tempat sampah terpilah untuk segala keperluan, dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Dapat dilihat disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *