9 JURUS CERDAS DAN MUDAH MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN RUMAH

Siapa yang tidak ingin Memiliki rumah yang bersih dan sehat ? Pasti hal ini adalah harapan setiap keluarga, tetapi sebaliknya banyak sekali orang yang mengabaikan hal ini. Faktor penyebabnya bisa beraneka ragam, belum tahu beberapa manfaat yang akan didapat dari rumah yang bersih dan sehat, tidak ada waktu luang untuk membereskan rumah, tidak ada pembagian tugas untuk membersihkan rumah bahkan bisa saja alasannya sederhana, malas.

Yang pasti satu hal, memiliki lingkungan rumah yang bersih juga akan membuat nyaman seluruh penghuni rumah.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah, sebenarnya Anda tidak perlu hal besar untuk dilakukan, cukup lakukan hal-hal sederhana tetapi rutin dalam melaksanakannya, dan pastinya harus dijalankan oleh setiap anggota keluarga, sekali lagi, libatkan semua anggota keluarga. Tentunya pembagian tugasnya harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Nah, Anda ingin punya rumah yang bersih dan sehat ?  

Berikut ini beberapa cara menjaga kebersihan rumah yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Biasakan Habis Makan Selalu Cuci Piring

Piring kotor yang menumpuk bisa menimbulkan bau yang tak sedap, serta menganggu pemandangan, Apalagi kalau piring-piring atau gelas yang kotor berserakan dimana-mana, pastinya bisa mengundang lalat dan semut. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan diri dan seluruh anggota keluarga untuk meletakkan piring di tempat cuci piring sehabis makan, dan segera cuci piring kotor tersebut, agar tak tambah menumpuk.

  • Jangan Banyak Menggantung Pakaian

Pakaian yang menggantung bisa mengundang nyamuk, Anda pasti tahu bahaya nyamuk bagi kesehatan. Selain bisa mengundang nyamuk, pakaian yang menggantung juga membuat rumah terkesan berantakan. Solusinya, Anda bisa membeli keranjang khusus untuk menaruh pakaian kotor, sehingga tak berceceran dimana-mana.

  • Jaga Kebersihan Saluran Pembuangan

Saluran pembuangan seperti selokan dan septictank juga jangan Anda kesampingkan kalau ingin punya rumah yang bersih dan sehat. Jangan hanya mengandalkan waktu kerja bakti kebersihan lingkungan saja untuk membersihkan selokan atau got di depan rumah, jika ada waktu luang, sempatkan untuk membersihkan selokan.

Selain selokan, penting juga untuk menyedot septic tank secara berkala. Hal ini bertujuan agar septic tank tidak terlalu penuh yang pada akhirnya akan menyebabkan WC Anda mampet.

  • Bersihkan Debu yang Menumpuk

Ada beberapa tempat yang biasanya jadi favorit laba-laba dan debu bersarang, seperti di atas lemari, kolong-kolong tempat tidur, gudang dan tempat lainnya.

Hal tersebut kalau dibiarkan bisa menimbulkan gangguan kesehatan bagi anggota keluarga, seperti bersin-bersin atau alergi. Sebaiknya, selalu bersihkan bagian-bagian tersebut secara rutin, termasuk gudang juga sebaiknya Anda bersihkan, agar tidak menjadi sarang debu.

  • Hindari Genangan-genangan Air

Salah satu cara menjaga kebersihan rumah adalah dengan membuang genangan-genangan air atau menutupnya. Seperti kita tahu, genangan air bisa jadi salah satu penyebab timbulnya jentik-jentik nyamuk demam berdarah di rumah.

  • Letakan Keset di depan Kamar Mandi dan Pintu Masuk Rumah

Melektakkan keset di depan pintu masuk sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan rumah Anda, terlebih kalau ada anggota keluarga Anda yang masih anak-anak, terkadang mereka habis kotor-kotaran di luar main masuk rumah saja. Untuk itu, dengan menyediakan keset di depan pintu rumah bisa mencegah hal itu terjadi. Tetapi yang pasti awalnya Anda edukasi dahulu anak agar selalu menggunakan keset sehabis main dari luar.

Selain di depan pintu, penting juga untuk menaruh keset di depan kamar mandi. Kamar mandi adalah tempat yang basah, tentu Anda perlu mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum kemana-mana.

  • Bersihkan Pekarangan Secara Teratur

Kalau di pekarangan Anda ada pohon besar, biasanya yang bikin kotor adalah daun kering yang berguguran. Untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah, mau tidak mau Anda harus menyapu daun-daun kering tersebut setiap hari, daripada ditumpuk-tumpuk. Jika pekarangan Anda bersih, tentu akan indah dipandang dan Anda makin betah di rumah.

  • Tetapkan Jadwal Bersih-bersih Rumah

Menyapu dan mengepel adalah cara wajib yang setiap hari Anda lakukan untuk menjaga kebersihan rumah. Selain itu, Anda juga perlu menetapkan jadwal bersih-bersih lingkungan rumah secara besar-besaran. Misalnya, membersihkan gudang, langit-langit rumah, pajangan, atas lemari, kolong tempat tidur, dan tempat-tempat sarang kotoran lainnya.

Kegiatan kebersihan lingkungan rumah ini bisa Anda lakukan setidaknya sebulan sekali dan melibatkan seluruh anggota keluarga. Hal ini juga sekaligus akan menanamkan sifat gotong royong pada anak.

Jadi kan ini sebagai kesempatan

  • Sediakan Tempat Sampah di Setiap Ruangan

Kalau anggota keluarga Anda banyak, tak ada salahnya untuk menyediakan tempat sampah di setiap ruangan, atau di beberapa ruangan tempat keluarga berkumpul. Karena biasanya saat berkumpul, mereka akan makan dan malas untuk membuang sampah, karena tempat sampahnya jauh dari jangkauan.

Apa jadinya kalau sampah berserakan dimana-mana? Ujung-ujungnya Anda sendiri yang capek membersihkannya. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi kerjaan yang sebenarnya bisa di cegah.

Khusus untuk jurus ke sembilan, kami pastikan bahwa kami adalah mitra setia anda. Kami menyediakan tempat sampah berbagia ukuran dan bentuk, berbahan fiberglass yang berkualitas. Yuk lihat produk kami disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *