Beralih dari produk sekali pakai ke reusable

Salah satu dari cara termudah untuk menjadi eco-friendly dan mengurangi dampak lingkungan sekitar anda adalah beralih pada produk-produk yang dapat digunakan ulang atau resable. Produk sekali pakai mungkin mudah dibelanjakan dan digunakan dalam waktu yang singkat, akan tetapi, untuk jangka panjang akan beresiko menghasilkan limbah yang merugikan. Kenapa kita membutuhkan begitu banyak plastik sekali pakai? Penjelasanya cukup sederhana, karena lebih murah dan mudah diperoleh daripada produk reusable.

PLASTIK DAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN

Meskipun produk sekali pakai dapat dibuat dari berbagai macam material, salah satu yang paling umum adalah plastik; material ini adalah yang paling berbahaya bagi lingkungan. Pastik membutuhkan waktu sekitar 400 tahun untuk berdegraasi. Begitu besar dampaknya jika material tersebut terkumpul pada landfill (ditimbun di tanah) atau mencemari bumi atau laut. Adapun, dilansir dari National Geographic pada sebuah artikel bahwa dampak plastik pada lingkungan adalah sebagai berikut:

  • 8,3 miliar ton pastik telah diproduksi sejak enam dekade yang lalu (yang didominasi oleh produk sekali pakai/disposable)
  • Hanya sekitar 12% plastik yang dibakar (incenerated), 6,2 miliar ton lainya masih menumpuk pada pembuangan
  • Dari “sampah-sampah” tersebut, hanya sekitar 9% yang di-recycle (daur ulang), yang berarti 91% lainya tidak pernah di-recycle
  • Setengah dari semua plastik yang diproduksi menjadi sampah dalam waktu setahun
  • 8 miliar ton plastik per-tahun berakhir di laut (tas plastik, botol dll)

OPSI PRODUK-PRODUK REUSABLE SUDAH TERSEDIA

produk sekali pakai tidak selalu menjadi bencana pada masa lalu. Faktanya, jika anda bertanya pada kakek-nenek anda, atau bahkan orang tua anda, mereka mungkin menjawab bahwa produk-produk sekali pakai bahkan belum ada pada saat masa mereka muda. Ketika mereka membeli sesuatu, mereka membeli sesuatu tersebut untuk jangka panjang. Hari ini, banyak orang mulai memilih untuk menggunakan barang yang cepat dan praktis daripada pertimbangan keuntungan jangka panjang. Ketika mereka berfikir pada kondisi saat ini, mereka pasti yakin mereka tidak memikirkan carbon footprint mereka sendiri serta dampak lingkungan yang ditimbulkan dalam waktu dekat. Untungnya, penggunaan produk reusable kini telah banyak tersedia. Anda dapat memilih untuk membeli dan menggunakan reusable produk dibandingkan dengan produk sekali pakai. Anda mungkin membayar sedikit lebih mahal, tetapi anda akan mendapat menggunakanya berkali-kali dan anda telah berkontribusi untuk tidak membuat tumpukan sampah pada landfill.

KAPAN ANDA DAPAT MENGGUNAKAN PRODUK-PRODUK REUSABLE

Anda mungkin sudah familiar dengan produk-produk reusable yang anda dapat gunakan dibanding dengan produk-produk sekali pakai, namun ada beberapa yang cukup populer yang sudah kami rangkum pada list berikut ini:

  • Membeli sedotan gelas, stainless stee atau bambu dibandingkan dengan plastik. Tentu saja, anda tidak membutuhkan sedotan akan lebih baik tidak menggunakanya sama sekali.
  • Menggunakan tumbler atau botol yang dapat dipakai berkali-kali dibandingkan menggunakan gelas dan wadah plastik
  • Gunakan gelas kaca atau yang bisa dicuci untuk menghindari pengguaan gelas plastik
  • Gunakan wadah makanan yang dapat dicuci dan digunakan ulang daripada menggunakan plastic wrap ataupun styrofoam
  • Gunakan tas (goodie bag) yang reusable untuk belanja sehari-hari, hindari penggunaan tas plastik sekali pakai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *