CARA CARA KREATIF DAUR ULANG BOTOL PLASTIK

Tahukah anda, botol plastik dari minuman kemasan yang kita gunakan hanya dalam waktu yang sangat singkat tersebut ternyata baru dapat diuraikan oleh alam selama ratusan tahun? Anda bisa bayangkan betapa parahnya kondisi tersebut jika dalam kehidupan kita sehari-hari kita membuang sampah-sampah tersebut secara rutin dan menumpuk sehingga pada akhirnya akan ditimbun dibawah tanah atau dibuang ke laut yang mana akan mencemari tanah maupun laut tersebut. Sudah terlalu banyak contoh-contoh kejadian yang cukup memprihatinkan terjadi dewasa ini. Apakah kondisi ini akan terus berlanjut dan semakin parah?

Sebagai manusia, sudah selayaknya kita menyadari dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Karena jumlahnya yang sudah tidak terbendung, maka satu dua pihak saja akan kesulitan menangani masalah tersebut, oleh karena itu diperlukan gerakan masif dari masing-masing individu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Ada banyak cara yang dapat dilakukan, misalkan mengurangi penggunaan produk sekali pakai dengan menggantinya dengan reusable product, memisahkan sampah sehingga mudah untuk diolah dan di daur ulang secara masif, atau bahkan anda sendiri dapat berkontribusi dengan mendaur ulang sampah anda sendiri untuk anda manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari anda atau mungkin hal ini dapat menjadi peluang bisnis dengan menjualnya sebagai barang-barang kesenian atau fungsional.

Berikut adalah ide-ide kreatif daur ulang botol plastik yang kami kumpulkan dari berbagai sumber, semoga dapat menjadi inspirasi.

1. UBAH BOTOL PLASTIK MENJADI WADAH ALAT TULIS

Gedung perkantoran merupakan salah satu penyumbang sampah plastik yang tinggi, jadi, setelah menggunakan botol plastik minumanmu, jangan langsung dibuang ke tempat sampah, buatlah wadah peralatan alat tulis dengan memotong botol tersebut. Pernak-pernik dapat ditempelkan dengan mudah dan kuat menggunakan lem tembak panas. Hal ini sangatlah sederhana dan sangat fungsional. Jadilah inspirasi peduli lingkungan di lingkungan kantor anda atau anak-anak anda untuk memberikan edukasi bagi mereka.

2. GUNAKAN KEMBALI WADAH PLASTIK ANDA UNTUK BUMBU-BUMBU DAPUR

Beberapa produk minuman ekstrak bubuk atau creamer kopi memiliki wadah yang unik dan menarik sehingga sayang untuk dibuang. Wadah-wadah tersebut dapat kita gunakan kembali untuk mewadahi bumbu-bumbu dapur yang berupa bubuk misalkan garam, gula, dan penyedap rasa. Botol-botol ini didesain untuk dituangkan dengan mudah.

3. BUAT KERAJINAN POT TANAMAN DENGAN BEKAS BOTOL PLASTIK

Jika anda suka dengan dekorasii tanaman kecil untuk mempercantik rumah anda, ruang kerja anda atau bahkan mungkin untuk anda jual untuk dekorasi kantor atau kafe, anda dapat mencoba membuatnya sendiri dari sisa botol plastik.

4. GUNAKAN WADAH PLASTIK SISA DETERGENT UNTUK MENYIRAM TANAMAN

Anda dapat memanfaatkan wadah plastik sisa detergen dengan ukuran yang cukup besar untuk menyirami tanaman. Biasanya wadah ini berbentuk mudah untuk digunakan untuk menyiram. Tapi jangan lupa lepas labelnya ya, supaya tetangga anda tidak mengira anda menyiram tanaman dengan detergent.

5. GUNAKAN BOTOL PLASTIK BEKAS UNTUK POT TANAMAN HERBAL

Mirip dengan ide sebelumnya, namun digunakan untuk keperluan pribadi di kebun anda misalkan untuk tanaman herbal. Tidak perlu dekorasi yang terlalu indah untuk keperluan ini bukan? cukup potong botol plastik menjadi dua bagian dan jadilah pot sederhana.

6. MEMBUAT CELENGAN DENGAN BOTOL PLASTIK

Buat sendiri celengan babi yang lucu dengan botol plastik bekas. Selain menarik dan unik, hal ini juga dapat digunakan untuk mengedukasi anak anda tentang menabung dan hidup yang sustainable dan peduli lingkungan.

7.MANFAATKAN BOTOL LOTION UNTUK GANTUNGAN HP

Hampir seluruh manusia modern saat ini memiliki handphone, dan terkadang handphone tersebut cukup boros baterai sehingga kita dapat recharge beberapa kali dalam sehari. Kondisi pasti akan menjadi cukup membuat frustrasi jika stop kontak yang kita desain lebih tinggi dari panjang kabel dan tidak ada meja atau sejenisnya untuk meletakkan handphone anda. Tak perlu khawatir, mungkin ide menggunakan botol lotion untuk meletakkan HP anda saat direcharge dapat menjadi pilihan.

8. GUNAKAN BOTOL MINUMAN KARAKTER LUCU UNTUK LAMPU TIDUR

Beberapa produk minuman anak-anak memiliki kemasan yang lucu dan sayang untuk dibuang. Anda dapat memanfaatkanya untuk membuat lampu tidur yang lucu cukup dengan menaruh lampu di dalam botol tersebut.

9. BUAT TEMPAT SAMPAH DARI SAMPAH BOTOL

Terdengar menarik bukan? sampah yang harusnya dibuang masih dapat kita pakai untuk mengumpulkan sampah yang lainya dengan bentuk yang cukup menarik, misalkan menggunakan susunan botol-botol plastik berikut. Cukup simbolis untuk berakan go green bukan?

10. BUAT SAPU OUTDOOR DARI BEKAS BOTOL MINUMAN

Salah satu ide yang sangat menarik lainya adalah, memanfaatkan sampah untuk membersihkan sampah lainya, yaitu dengan membuat sapu outdoor dengan bekas botol plastik. Ingat ya hanya untuk outdoor.

11. GUNAKAN BEKAS BOTOL MINUMAN BEKAS UNTUK MEMBUAT TAMAN VERTIKAL

Bagi pecinta tanaman untuk menghiasi rumahnya, ada salah satu cara unik dan menjadikan diri anda lebih peduli sustainable, yaitu memanfaatkan botol minum plastik bekas sebagai pot vertikal,.

12. GUNAKAN BOTOL PLASTIK BEKAS SEBAGAI PENYEBAR SEMPROTAN AIR

Jika anda suka berkebun atau menanam rumput di halaman rumah atau taman anda, ada satu cara unik untuk menyiram tanaman dengan merata dan cepat, yaitu menggunakan sprinkler. Nah, anda dapat membuat sendiri sprinkler versi sustainable dengan menggunakan botol minuman bekas seperti ini.

Masih banyak lagi cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan kita yang kian hari kian banyak permasalahan yang muncul.

Kami menyediakan peralatan kebersihan untuk mendukung program kebersihan anda. Selengkapnya klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *