Pelajari Manfaat Sampah Organik Sebelum Membuangnya!

Sumber : https://waste4change.com/processing-organic-waste-through-vermicomposting/composting-nyc/

Daun-daunan, sisa makanan, bangkai hewan dan tumbuhan, semua sampah ini menimbulkan aroma yang tidak sedap. Sampah organik adalah sampah yang dapat mengalami pelapukan dan terurai dengan mudah. Jenis sampah ini biasanya langsung dibuang karena akan menimbulkan aroma yang menyengat.

Taukah kamu, jika ditangani dengan tepat sampah organik memiliki manfaat yang sangat baik. Sampah organik mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat jika diolah dengan benar. Berikut ini adalah beberapa hasil olahan sampah organik.

1. Kompos

Sumber : https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/berkebun/pupuk-nutrisi-tanaman/81jnxw-jual-pupuk-kompos-untuk-media-tanam-berat-5-kg-100-persen-joss-ayo-buktikan-sendiri

Kompos merupakan bahan tambahan yang digunakan sebagai sumber nutrisi pada tumbuhan. Pembuatan kompos sangatlah sederhana, yaitu mencampurkan sampah organik yang telah dipilah dengan starter mikroorganisme pembusuk. Sampah organik yang dapat diolah menjadi kompos adalah sampah yang cepat membusuk dan terurai. Kompos dinyatakan sudah matang apabila sudah menyerupai tanah, tidak berbau busuk, dan gembur.

2. Pupuk Cair

Sumber : https://bibitbunga.com/cara-membuat-pupuk-organik-cair-poc/

Sampah organik berupa cairan biasanya berasal dari limbah rumah tangga. Jenis sampah ini biasanya dibuang begitu saja sehingga menimbulkan pencemaran. Padahal sampah organik cair mengandung unsur hara yang lebih tinggi sehingga lebih mudah diolah menjadi pupuk. Dengan mencampurkannya pada bahan pembusuk, sampah organik cair akan lebih cepat diolah dibandingkan dengan pembuatan kompos.

3. Biogas

Sumber : http://followgreenliving.com/produce-green-energy-biogas-plants/

Biogas merupakan bahan bakar yang berasal dari olahan kotoran ternak. Pengolahan biogas ini memerlukan perangkat tertentu sehingga tidak semua orang dapat membuat biogas. Meski begitu, biogas dapat menjadi salah satu sumber energi yang cukup besar.

4. Daur Ulang Kertas

Sumber : https://alamendah.org/2011/02/22/cara-membuat-kertas-daur-ulang/

Taukah kamu, kertas yang telah kita gunakan dapat didaur ulang dan digunakan kembali. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan kertas bekas dan mencetaknya kembali menjadi lembaran.

Lakukan hal-hal kecil yang dapat menyelamatkan Bumi kita. Dengan mengolah sampah, kita dapat mengurangi pencemaran pada alam. Mulailah langkah paling kecil untuk menjaga Bumi kita dengan memilah sampah.

Perusahaan kami menyediakan tempat sampah pilah berbahan fiberglass yang lebih kuat dan tahan lama. Lihat detail produk kami di :

https://www.facebook.com/solusikebersihancom

Atau hubungi kami melalui WhatsApp : 0857 6863 6842

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *