Maraknya Kasus Pembuangan Limbah Medis Sembarangan di Indonesia Menimbulkan Dampak Bahaya. Apa Saja Dampaknya ?

Pembuangan limbah medis sembarangan ternyata memiliki cara pengolahan yang berbeda dari sampah biasa seperti sampah organik dan anorganik. Limbah medis mengandung banyak zat kimia berbahaya, darah manusia, sisa mikroorganisme dari penyakit, dan lain-lain yang harus dikelola secara khusus oleh lembaga pengelolaan limbah yang sudah tersertifikasi.

Motif oknum untuk mengelola limbah medis secara sembarangan adalah demi keuntungan ekonomi dari limbah medis. Limbah medis dinilai sebagai barang yang menguntungkan untuk di jual kembali. Limbah medis terbuat dari bahan plastik yang bisa didaur ulang atau dibersihkan kembali untuk di jual. Tentunya perbuatan ini sangat bahaya untuk dilakukan karena pengelolaan sampah memiliki cara yang tidak mudah dan hanya dapat dilakukan oleh lembaga pengelolaan yang tersertifikasi. Sudah ada hukum yang mengatur tentang pengelolaan limbah medis di Indonesia.

Contoh kasus pengelolaan limbah medis sembarangan yang di tangkap polisi
Sumber: Kasus Limbah Medis Covid-19 Dibuang Sembarangan, Polisi: Pihak Hotel Rakus, Pakai Jasa Laundry Halaman all – Kompas.com

Limbah medis memiliki berbagai jenis. Menurut beritatagar.id tahun 2017 macam-macam jenis limbah medis yaitu:

  1. Limbah benda tajam, adalah materi padat yang memiliki sudut kurang dari 90 derajat, dapat menyebabkan luka iris atau tusuk. Misalnya: jarum suntik, kaca sediaan (preparat glass), infus set, ampul/vial obat.
  2. Limbah infeksius, adalah limbah yang diduga mengandung patogen (bakteri, virus, parasit, dan jamur) dalam jumlah yang cukup untuk menyebabkan penyakit pada inang yang rentan. Misalnya: limbah hasil operasi atau otopsi dari pasien yang menderita penyakit menular, limbah pasien yang menderita penyakit menular dari bagian isolasi, alat atau materi lain yang tersentuh orang sakit.
  3. Limbah patologis, adalah limbah yang berasal dari jaringan tubuh manusia. Misalnya: organ tubuh, janin, darah, muntahan, urin, dan cairan tubuh yang lain.
  4. Limbah farmasi, adalah limbah yang mengandung bahan-bahan farmasi. Misalnya: mencakup produk farmasi, obat, vaksin, serum yang sudah kedaluwarsa, tumpahan obat. Termasuk juga sarung tangan, masker.
  5. Limbah kimia, adalah limbah yang mengandung zat kimia yang berasal dari aktivifitas diagnostik, pemeliharaan kebersihan, dan pemberian desinfektan. Misalnya: zat kimia fotografis.
  6. Limbah kemasan bertekanan, adalah limbah medis yang berasal dari kegiatan di instansi kesehatan yang memerlukan gas. Misalnya: gas dalam tabung dan kaleng aerosol.
  7. Limbah logam berat, adalah limbah medis yang mengandung logam berat dalam konsentrasi tinggi termasuk dalam sub kategori limbah berbahaya dan biasanya sangat beracun. Misalnya: limbah logam merkuri yang berasal dari bocoran peralatan kedokteran (termometer, alat pengukur tekanan darah).

Jika limbah medis dikelola atau dibuang secara sembarangan akan menimbulkan dampak yang bahaya yaitu:

  1. Munculnya organisme bahaya yang memunculkan penyakit seperti diare, hepatitis A, B, C, demam berdarah, bahkan AIDS.
  2. Menyebabkan gangguan pada binatang dan tanaman jika tersentuh.
  3. Korosif terhadap benda di sekitar limbah sehingga bisa menurunkan kualitas bangunan rumah sakit.

solusikebersihan.com memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia menjadi penyelemat lingkungan. Salah satu caranya adalah memfasilitasi masyarakat menggunakan produk kami. Kami menjual produk yang terdiri dari: tempat sampah fiberglasstempat sampah drum plastiktempat sampah ember plastik, bahkan gerobak sampah yang memiliki kualitas bahan baik.

Tentunya usaha atau misi kami ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu kalau bukan dari anda yang menjadi contoh bagi yang lain, kita akan berharap pada siapa lagi? Jadilah penyelamat lingkungan mulai dari anda sendiri.

Segera pesan produk dari solusikebersihan.com dengan menghubungi kami. Klik di sini!

solusikebersihan.com merupakan platform online yang menyediakan solusi peralatan kebersihan seperti tempat sampah fiberglass dan gerobak sampah, klik di sini untuk mempelajari produk kami. Kami juga mengulas topik-topik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, klik di sini untuk mempelajari selengkapnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat kontak kami klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *