Contoh Sampah Organik dan Anorganik Beserta B3

Kampanye pemilahan sampah cukup gencar dilaksanakan di Indonesia. Namun praktik pemilahan sampah di masyakarat masih belum cukup baik. Kita sering melihat tempat sampah pilah yang sampah-sampahnya tidak terpilah dengan baik. Ada sampah plastik dibuang ke tong sampah organik, sampah daun dibuang ke tong sampah B3, dan seterusnya.

Terdapat banyak alasan mengapa sampah-sampah tidak terpilah dengan baik meskipun ada tempat sampah pilah di sekitar kita. Mungkin masyarakat belum mengerti pentingnya memilah sampah, malas untuk memilah sampah karena membuang-buang waktu, atau masyarakat belum tahu jenis-jenis sampah seperti apa saja sampah yang tergolong sampah organik, anorganik, atau B3.

Artikel ini akan membahas contoh-contoh sampah yang bisa digolongkan ke sampah organik, anorganik dan B3 supaya masyarakat yang belum tahun jenis-jenisnya bisa lebih paham. Mari kita bahas!

1. Sampah Organik

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup baik manusia, hewan, atau tumbuhan yang mudah terurai dan membusuk secara alami. Contoh sampah organik yaitu: daun, kertas, kayu, kotoran hewan, sisa buah-buahan, daging. Sampah ini cocok untuk dikomposkan menjadi pupuk kompos yang nantinya dipakai untuk menyuburkan tanaman.

2. Sampah Anorganik

Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari bahan sintesis/buatan. Sampah ini tidak bisa terurai atau membusuk secara alami seperti sampah organik. Contoh sampah anorganik yaitu: kaleng, botol plastik, tas kresek, bungkus makanan plastik. Sampah ini cocok untuk didaur ulang menjadi kerajinan atau dikembalikan menjadi barang baru lagi.

3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Sampah B3 adalah sampah yang memiliki sifat merusak lingkungan seperti mudah terbakar, beracun, reaktif, dan korosif. Contoh sampah B3 yaitu: baterai, oli bekas, aki bekas, limbah industri, dan lain-lain. Sampah ini perlu penanganan yang lebih khusus dan sebaiknya jangan dicampur dengan sampah organik/anorganik.

Semoga dengan artikel ini bisa membuat masyarakat lebih paham tentang jenis-jenis sampah dan mulai memilah sampahnya sekarang juga. Ayo pilah sampahmu dan banggalah jadi penyelamat lingkungan!

solusikebersihan.com memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia menjadi penyelemat lingkungan dengan salah satu caranya dengan menggunakan produk kami. Produk kami terdiri dari tempat sampah fiberglasstempat sampah drum plastiktempat sampah ember plastik, bahkan gerobak sampah yang memiliki kualitas bahan baik.

Tentunya usaha atau misi kami ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu kalau bukan dari anda yang menjadi contoh bagi yang lain, kita akan berharap pada siapa lagi? Jadilah penyelamat lingkungan mulai dari anda sendiri.

Pelajari selengkapnya tentang produk kami dengan klik tulisan ini!

solusikebersihan.com merupakan platform online yang menyediakan solusi peralatan kebersihan, klik di sini untuk mempelajari produk kami. Kami juga mengulas topik-topik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, klik di sini untuk mempelajari selengkapnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat kontak kami klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *