Penghargaan Kalpataru

Penghargaan merupakan salah satu timbal balik yang baik bagi seseorang atau kelompok setelah melakukan suatu karya/usaha. Penghargaan dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih termotivasi membuat karya-karya yang lebih baik. Tapi tahukah anda bahwa ada penghargaan yang mengapresiasi kita melakukan kelestarian lingkungan dari pemerintah?

Salah satu penghargaan itu adalah Kalpataru. Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Kalpataru berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pohon kehidupan. Kalpataru adalah pohon kehidupan yang reliefnya terpahat di Candi Mendut, Jawa Tengah dan mencerminkan suatu tatanan lingkungan yang serasi, selaras, dan seimbang serta merupakan tatanan yang diidamkan karena melambangkan hutan, tanah, air,
udara, dan makhluk hidup.

Kalpataru memiliki 4 kategori penghargaan, yaitu:

  1. Perintis Lingkungan, diberikan kepada warga masyarakat, bukan pegawai negeri dan bukan pula tokoh dari organisasi formal, yang berhasil merintis pengembangan dan melestarikan fungsi lingkungan hidup secara menonjol luar biasa dan merupakan kegiatan baru sama sekali bagi daerah atau kawasan yang bersangkutan.
  2. Pengabdi Lingkungan, diberikan kepada petugas lapangan (Penyuluh Lapangan Penghijauan, Petugas Penyuluh Lapangan, Petugas Lapangan Kesehatan, Jagawana, Penjaga Pintu Air, dll) dan atau pegawai negeri (termasuk PNS, TNI, Polri, PPLH, PPNS, guru) yang mengabdikan diri dalam usaha pelestarian fungsi lingkungan hidup yang jauh melampaui kewajiban dan tugas pokoknya serta berlangsung cukup lama.
  3. Penyelamat Lingkungan, diberikan kepada kelompok masyarakat, baik informal (kelompok masyarakat adat, kelompok tani, kelompok masyarakat desa, komunitas adat, rukun warga, paguyuban, karangtaruna, dll) maupun formal (lembaga swadaya masyarakat, badan usaha, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, koperasi, asosiasi profesi, organisasi kepemudaan, dan lain-lain) yang berhasil melakukan upaya-upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup atau pencegahan kerusakan dan pencemaran (penyelamatan) lingkungan hidup.
  4. Pembina Lingkungan, diberikan kepada pejabat, pengusaha, peneliti, atau tokoh masyarakat yang berhasil dan punya prakarsa untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan memebri pengaruh untuk membangkitkan kesadaran lingkungan serta peran masyarakat guna melestarikan fungsi lingkungan hidup, dan atau berhasil menemukan teknologi baru yang ramah lingkungan, seperti pejabat, pendidik, budayawan, seniman, wartawan, peneliti, pengusaha, manager, tokoh lembaga swadaya masyakat, tokoh agama, dan lain-lain.
Penghargaan Kalpataru 2020

Penghargaan Kalpataru diatur dalam peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan republik Indonesia nomor p.3/MENLHK/PSKL/SET-1/1/2016. Selengkapnya anda bisa melihat peraturan lengkapnya di Microsoft Word – BN 284-2016 (vlsm.org). Peraturan menteri tentang penghargaan Kalpataru memiliki 9 bab dan 32 pasal. Mari kita bahas secara singkat peraturan menteri ini!

Peraturan menteri tentang kalpataru memiliki beberapa poin penting. Peraturan tersebut menjelaskan secara rinci pengertian kalpataru, tata cara mencalonkan diri, prinsip dasar penghargaan, hadiah, hingga lampiran-lampiran penting. Peraturan menteri ini memudahkan kita untuk ikut serta dalam mengikuti dan memahami kalpataru.

Salah satu poin terpenting bagi sebagian besar orang adalah hadiah kalpataru. Hadiah kalpataru berupa piagam, trophy, dan uang pembinaan. Semua hadiah tersebut sudah diatur dalam peraturan menteri tentang kalpataru. Bagaimana? Tertarik untuk mencalonkan diri menjadi pemenang Kalpataru selanjutnya?

Trophy Kalpataru
Piagam Penghargaan Kalpataru

Anda bisa mendapatkan bantuan dari kami untuk memenangkan kalpataru demi melestarikan lingkungan hidup. Kami menjual produk tempat sampah, trash bag, bahkan gerobak untuk memungut sampah-sampah berserakan. Sampah-sampah merupakan masalah utama yang mengganggu kestabilan lingkungan hidup. Tunggu apa lagi, segera pesan produk dari kami karena produk kami terbuat dari bahan yang berkualitas dan harga terjangkau.

Solusikebersihan.com memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia menjadi penyelemat lingkungan. Salah satu caranya dengan menggunakan produk kami. Produk kami terdiri dari tempat sampah fiberglasstempat sampah drum plastiktempat sampah ember plastik, bahkan gerobak sampah yang memiliki kualitas bahan baik.

Tentunya usaha atau misi kami ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu kalau bukan dari anda yang menjadi contoh bagi yang lain, kita akan berharap pada siapa lagi? Jadilah penyelamat lingkungan mulai dari anda sendiri.

Pelajari selengkapnya tentang produk kami dengan klik tulisan ini!

solusikebersihan.com merupakan platform online yang menyediakan solusi peralatan kebersihan, klik di sini untuk mempelajari produk kami. Kami juga mengulas topik-topik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, klik di sini untuk mempelajari selengkapnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat kontak kami klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *