Setelah Bertahun-tahun Berjuang Melawan Sampah, Akhirnya Negara Ini Sukses Mengelola Sampah, Apa Solusi yang Mereka Gunakan?

Siapa yang tidak tahu negara Jepang? Jepang merupakan negara maju di asia yang banyak diidam-idamkan oleh banyak masyarakat Indonesia. Negara ini maju dari berbagai sektor kehidupan seperti teknologi, kesehatan, bahkan kebersihan lingkungan.

Seiring berjalannya waktu, penduduk jepang semakin padat. Padat penduduk cenderung memroduksi sampah lebih banyak. Dahulu jepang mengalami masalah sampah yang mencekam. Sampah-sampah banyak dibuang secara sembarangan, sampah rumah tangga dibuang sembarang di depan rumah, sungai tercemar oleh sampah, dan wabah penyakit karena sampah muncul.

Kenapa sekarang negara Jepang bisa menjadi sangat bersih? Apa saja yang mereka lakukan untuk mengatasi masalah sampah? Terobosan yang mereka lakukan yaitu:

  1. Sosialisasi secara intensif dari pemerintah ke masyarakat. Sosialisasi ini membahas tentang jenis-jenis sampah dari cair sampai padat, cara kuman penyakit tumbuh didalam sampah, dan cara mengelola sampah mulai dari memilah sampai membuangnya.
  2. Kebijakan, peraturan, implementasi, sinkronisasi antar instansi atau lembaga dan persiapan yang matang termasuk mitigasi dilakukan secara masif dan konsisten.
  3. Masyarakat memilah sampah terlebih dahulu, menaruhnya di dalam kantong, dan akan ada dinas/swasta tertentu yang membawanya ke tempat yang disediakan. Cara ini sangat membantu pemerintahan/lembaga pengelola sampah untuk mengelola sampah seperti mendaur ulangnya. Jadi saat sudah dikirim ke TPA proses daur ulang akan lebih cepat karena tidak perlu memilahnya lagi dan mengurangi penumpukan sampah di TPA.
  4. Fasilitas penampungan sampah yang memadai. Setiap radius tertentu terdapat banyak penampungan sampah sehingga memudahkan orang membuang sampahnya. Pemilahan sampah di Jepang tidak hanya dibagi kategori organik, dan anorganik. Penampungan sampah di Jepang terpilah menjadi sampah botol, sampah kertas, sampah plastik, sampah daur ulang, dan lain-lain karena pengelolaannya spesifik dari setiap sampah. Selain itu proses daur ulang di Jepang juga masif dilakukan.
Contoh tempat sampah pilah di Jepang yang mengategorikan berbagai macam sampah.

Terbentuk kebiasaan mengelola sampah di Jepang tidak berjalan dengan instan. Butuh waktu sekitar puluhan tahun untuk membentuk kebiasaan. Semua warga negara di Jepang bersatu padu mengatasi masalah sampah dan terus berkampanye mengenai pengelolaan sampah.

Sebenarnya kita bisa meniru jepang untuk mengatasi permasalahan sampah di Indonesia. Sudah banyak contoh dan teknologi yang tersedia di berbagai negara. Ayo kita jangan kalah dengan negara-negara lain dalam pengelolaan sampah! Kita bisa memulai dengan mengelola sampah kita sendiri.

Poster petunjuk pengelolaan sampah by solusikebersihan.com

Solusikebersihan.com memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia menjadi penyelemat lingkungan. Salah satu caranya dengan menggunakan produk kami. Produk kami terdiri dari tempat sampah fiberglasstempat sampah drum plastiktempat sampah ember plastik, bahkan gerobak sampah yang memiliki kualitas bahan baik.

Tentunya usaha atau misi kami ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu kalau bukan dari anda yang menjadi contoh bagi yang lain, kita akan berharap pada siapa lagi? Jadilah penyelamat lingkungan mulai dari anda sendiri.

Pelajari selengkapnya tentang produk kami dengan klik tulisan ini!

solusikebersihan.com merupakan platform online yang menyediakan solusi peralatan kebersihan, klik di sini untuk mempelajari produk kami. Kami juga mengulas topik-topik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, klik di sini untuk mempelajari selengkapnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat kontak kami klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *