Kenapa Pemilahan Sampah Harus Dimulai dari Pemerintah?

Setiap warga negara memiliki peran masing-masing dalam mengatasi masalah sampah di Indonesia. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan oleh warga negara adalah memilah sampah. Pemilahan sampah memiliki banyak manfaat salah satunya mengurangi jumlah sampah yang menumpuk di TPA. Namun pemilahan sampah ini masih menjadi pengetauhan yang asing bagi masyarakat luas.

Perlu adanya edukasi secara luas ke seluruh penjuru negeri tentang pengetahuan memilah sampah. Peran yang paling cocok untuk memulai menjalankan program ini adalah pemerintah. Alasan pemerintah paling cocok memulai mengedukasi masyarakat yaitu:

  1. Memiliki wewenang menjamin kepastian hukum dalam memilah sampah. Pemerintah dapat membuat undang-undang tentang pengelolaan sampah sebagai media edukasi dan alat bantu mengatasi masalah sampah.
  2. Memiliki wewenang sosialisasi pemilahan sampah secara intensif dan masif. Melalui pemerintah-pemerintah daerah, para menteri dapat merancang program sosialisasi sesuai UU no. 18 tahun 2008.
  3. Dapat menjadi sponsor untuk lembaga-lembaga lingkungan atau NGO lingkungan. Pemerintah bisa menganggarkan dana sponsor untuk program-program lingkungan yang diselenggarakan oleh lembaga lain.
  4. Memiliki wewenang membuat penghargaan kepada masyarakat. Penghargaan seperti Adipura, Adiwiyata, dan Kalpataru adalah contoh penghargaan yang dilakukan pemerintah saat ini. Penghargaan ini bisa disosialisasikan lebih intensif lagi dan ditambah lagi nominal hadiahnya agar masyarakat lebih semangat dalam menjaga kelestarian lingkungan.
  5. Memiliki wewenang membuat fasilitas pemilahan sampah. UU no 18 tahun 2008 menjelaskan bahwa setiap tempat-tempat umum wajib ada fasilitas pemilahan sampah. Pemerintah dapat membuat fasilitas pemilahan sendiri atau mengajukannya ke tender.

Oleh karena itu selain masyarakat yang terus diedukasi tentang pemilahan sampah, pemerintah juga wajib melakukan peran dalam program pemilahan sampah yang diatur oleh UU no 18 tahun 2008. Mari kita sama-sama saling memilah sampah kita agar masalah sampah semakin berkurang!

Solusikebersihan.com memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia menjadi penyelemat lingkungan. Salah satu caranya dengan menggunakan produk kami. Produk kami terdiri dari tempat sampah fiberglasstempat sampah drum plastiktempat sampah ember plastik, bahkan gerobak sampah yang memiliki kualitas bahan baik.

Tentunya usaha atau misi kami ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu kalau bukan dari anda yang menjadi contoh bagi yang lain, kita akan berharap pada siapa lagi? Jadilah penyelamat lingkungan mulai dari anda sendiri.

Pelajari selengkapnya tentang produk kami dengan klik tulisan ini!

solusikebersihan.com merupakan platform online yang menyediakan solusi peralatan kebersihan, klik di sini untuk mempelajari produk kami. Kami juga mengulas topik-topik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, klik di sini untuk mempelajari selengkapnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat kontak kami klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *