Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Sampah dunia cenderung semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Kebutuhan manusia yang semakin beragam dan terciptanya produk-produk baru berpotensi meninggalkan sampah. Perlu adanya program pengelolaan sampah secara berkelanjutan yang dapat dilakukan hingga generasi-generasi berikutnya.

Pengelolaan sampah berkelanjutan dan terintegrasi akan terjadi jika elemen-elemennya saling bekerja sama. Elemen-elemen tersebut adalah stakeholder, sistem pengelolaan limbah, waktu, dan aspek lain seperti kebijakan pemerintah, finansial, budaya sosial.

Kerangka Pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan terintegrasi atau ISWM
(Integrated Sustainable Waste Management) Sumber: Ijgosse, Anshutz dan Scheinberg, 2004 dalam Scheinberg (2010: 9)

Di Indonesia perlahan sudah menuju ke arah pengelolaan berkelanjutan. Indonesia memiliki UU no 18 tahun 2008, mengerahkan petugas kebersihan, truk sampah, TPA, dan lain-lain. Apakah itu saja cukup? Ternyata masih banyak sampah yang berserakan di jalanan dan penumpukan sampah berlebih di bank sampah atau di TPA. Harus ada terobosan lain untuk mewujudkan pengelolaan sampah berkelanjutan.

Saran dari kami adalah program pemilahan sampah. Program ini sangat sederhana karena bisa dilakukan dimana saja. Pemilahan sampah memang sudah dilakukan seperti mengadakan tempat sampah pilah. Nyatanya sampah-sampah masih bercampur di tempat sampah pilah seperti sampah plastik dibuang ke tong sampah organik dan seterusnya.

Metode yang kami sarankan adalah tidak hanya pengadaan tempat sampah pilah tetapi pemilahan dilakukan juga di sarana transportasi sampah dan TPA. Masih banyak di Indonesia mencampur sampah yang sudah dipilah ke truk sampah dan TPA yang menjadikan satu sampahnya. Sampah-sampah yang sudah dibuang kebanyakan belum diolah lagi sehingga banyak sampah menumpuk disatu tempat.

Sampah menumpuk di TPA menimbulkan lingkungan tidak sehat dan membuat penuh ketersediaan penampungan.

Sampah-sampah yang terpilah dengan baik bisa kita kelola kembali menjadi bahan daur ulang atau yang lainnya. Memilah sampah memiliki banyak manfaat. Anda bisa melihat manfaatnya pada gambar dibawah ini.

Solusikebersihan.com memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia menjadi penyelemat lingkungan. Salah satu caranya dengan menggunakan produk kami. Produk kami terdiri dari tempat sampah fiberglasstempat sampah drum plastiktempat sampah ember plastik, bahkan gerobak sampah yang memiliki kualitas bahan baik.

Tentunya usaha atau misi kami ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu kalau bukan dari anda yang menjadi contoh bagi yang lain, kita akan berharap pada siapa lagi? Jadilah penyelamat lingkungan mulai dari anda sendiri.

Pelajari selengkapnya tentang produk kami dengan klik tulisan ini!

solusikebersihan.com merupakan platform online yang menyediakan solusi peralatan kebersihan, klik di sini untuk mempelajari produk kami. Kami juga mengulas topik-topik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, klik di sini untuk mempelajari selengkapnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat kontak kami klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *