Kota Menjadi Bersih dengan Dorongan Penghargaan

Setiap orang disuatu kota/kabupaten pasti mengidam-idamkan kota yang bersih dari segala polusi, sampah, dan bersuasana tenang. Segala upaya dilakukan untuk mewujudkannya mulai dari masyarakat sampai pemerintah. Salah satu upaya yang paling bisa menarik masyarakat supaya berlomba-lomba dalam kebersihan adalah memberi penghargaan. Tahukah anda bahwa ada penghargaan tentang kebersihan dan kelola lingkungan tingkat kota di Indonesia?

Penghargaan itu bernama Adipura. Adipura merupakan sebuah penghargaan dari Pemerintah Indonesia (Kementerian Negara Lingkungan Hidup), yang diberikan kepada kabupaten atau kota yang dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan. Program Adipura dimulai sejak tahun 1986, sempat terhenti pada tahun 1998, dan dicanangkan kembali pada tahun 2002.

Keberhasilan program adipura memerlukan peran serta berbagai stakeholders didalamnya. Program adipura dilakukan untuk melihat efektifitas program tersebut sebagai upaya mendukung pembenahan tata lingkungan kota, sehingga dapat menciptakan kota hijau berkelanjutan. Kebersihan lingkungan merupakan salah satu tolak ukur kualitas hidup masyarakat (Wibowo, 2009). Faktor-faktor mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap program adipura, yaitu: pengetahuan, pengalaman, ketertarikan, motivasi, dan kebutuhan.

Salah satu aspek yang dapat dijadikan indikator kebersihan lingkungan kota adalah sampah. Permasalahan lingkungan yang terjadi di banyak kota, antara lain masalah kebersihan (sampah), ketersediaan ruang terbuka hijau, pencemaran udara serta pencemaran air, termasuk didalamnya isu perubahan iklim. Persepsi terhadap kebersihan kawasan pasar dan sungai/perairan terbuka sangat terkait dengan pengelolaan sampah di dua kawasan tersebut. Pada kawasan pasar terlihat pengelolaan kebersihan di area pasar dan di sekitar area TPS/kontainer, sedangkan pada kawasan sungai/perairan terbuka terlihat kebersihan di sepanjang badan air dan bantaran sungai. 

Prinsip utama penerapan Adipura yaitu : pelibatan peran aktif masyarakat dalam peningkatan pemahaman dan kesadaran sebagai kunci perubahan perilaku; terpasangnya sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi, serta pemenuhan ruang terbuka hijau sesuai dipersyaratkan peraturan dan undang-undang; menjadi dasar pergeseran paradigma pengelolaan sampah yang harus bergerak ke hulu sehingga upaya-upaya pengurangan sampah menjadi penentu (determinant) yang penting; dan pengklasifikasian kota menurut leveled playing system, artinya kota dan kabupaten dan akan ‘bersaing’ dalam level kapasitas sistem pengelolaan sampah dan pemenuhan ruang terbuka hijau yang setara.

Untuk menuju lingkungan yang baik agar program Adipura tercapai maka pengelolaannya pun harus sesuai dengan standar kondisi lingkungan yang ideal. Idealnya kondisi lingkungan yang baik ditunjukkan dengan upaya pembersihan saluran drainase, membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar, tidak membuang sampah sembarangan di jalan, sungai dan jembatan, memilah sampah organik dan an organik, penanaman pohon dan pot bunga untuk penghijauan, tidak melakukan pembakaran sampah sesuai dengan Undang-undang No. 18 tentang Pengelolaan Sampah, disebutkan bahwa larangan pembakaran sampah karena dapat mengeluarkan gas beracun yang kemudian pada akhirnya menyebabkan global warming, serta usaha-usaha lain yang bersifat positif dan baik tersebut perlu dijaga dan ditingkatkan lagi secara kontinu sehingga masyarakat menjadi aman dan nyaman dengan lingkungan sekitarnya.

Solusikebersihan.com memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia menjadi penyelemat lingkungan. Salah satu caranya dengan menggunakan produk kami. Produk kami terdiri dari tempat sampah fiberglasstempat sampah drum plastiktempat sampah ember plastik, bahkan gerobak sampah yang memiliki kualitas bahan baik.

Tentunya usaha atau misi kami ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu kalau bukan dari anda yang menjadi contoh bagi yang lain, kita akan berharap pada siapa lagi? Jadilah penyelamat lingkungan mulai dari anda sendiri.

Pelajari selengkapnya tentang produk kami dengan klik tulisan ini!

solusikebersihan.com merupakan platform online yang menyediakan solusi peralatan kebersihan, klik di sini untuk mempelajari produk kami. Kami juga mengulas topik-topik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, klik di sini untuk mempelajari selengkapnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat kontak kami klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *