Daur Ulang Sampah Botol Plastik Anda Menjadi Sesuatu yang Menarik

Kita sering mendengar di media massa atau di sosial media bahwa penumpukan sampah botol plastik di dunia semakin banyak dan susah terurai hingga ratusan tahun. Penggunaan botol plastik hari demi hari semakin bertambah karena bahannya yang ringan, murah, dan mudah dibentuk sehingga kecenderungan bertambahnya sampah plastik sangat tinggi. Apakah kita hanya bisa membuang botol plastik saja setelah dipakai? Tentu saja tidak.

Sampah botol plastik anda masih bisa didaur ulang. Sifat bahan plastik menjadi alasan sampah plastik bisa didaur ulang. Perlu diketahui juga tidak semua jenis plastik aman dan mudah didaur ulang. Ada beberapa jenis plastik yang aman dan mudah didaur ulang yaitu bahan PETE ( Polyethylene Terephthalate) dan HDPE ( High Density Polyethylene).

Bagaimana caranya mendaur ulang kedua jenis sampah tersebut? Mari kita bahas!

  • Mencacahnya menjadi potongan kecil dan memilah sesuai warnanya. Jauhkan dari sampah-sampah lain seperti organik supaya bersih kemudian cucilah dengan bersih dan kelompokan berdasarkan warna. Anda bisa mencacah plastik menggunakan gunting atau mesin.
  • Melelehkan cacahan plastik ke pemanas. Pelelehan plastik dilakukan agar plastik mudah dibentuk kecetakan yang kita siapkan. Anda bisa menggunakan satu warna cacahan plastik atau lebih dari satu warna agar warna bisa tercampur. Anda bisa menggunakan oven atau panci untuk melelehkan. Pastikan suhunya lebih dari 180 derajat celcius dan dipanaskan selama kurang lebih 10 menit.
Hasil lelehan setelah dari oven menyebabkan plastik menjadi lengket.
  • Jepit hasil lelehan ke cetakan yang sudah disediakan. Setelah proses pelelehan segera pindahkan adonan ke cetakan dengan hati-hati menggunakan sarung tangan karena sangat panas. Jepit adonan sekencang mungkin setiap 5 menit agar adonan tidak terlalu menciut. Anda bisa membentuk cetakan dengan kayu atau logam dan bentuklah sesuai kreatifitas anda. Lakukan proses ini hingga adonan dingin dan mengeras.
  • Angkat adonan yang dijepit dan lihat hasilnya
Hasil cetakan pelelehan sampah botol plastik

Setelah cetakan sudah jadi anda bisa merapikannya lagi dengan pisau atau mesin potong lainnya supaya lebih rapi. Berikut adalah contoh produk daur ulang botol plastik:

Contoh Produk Daur Ulang Botol Plastik. Sumber: Pinterest.com

Bagaimana? Cukup tertarik dengan produk daur ulang sampah plastik? Ayo daur ulang sampah kita secara bijak!

Solusikebersihan.com memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia menjadi penyelemat lingkungan. Salah satu caranya dengan menggunakan produk kami. Produk kami terdiri dari tempat sampah fiberglasstempat sampah drum plastiktempat sampah ember plastik, bahkan gerobak sampah yang memiliki kualitas bahan baik.

Tentunya usaha atau misi kami ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu kalau bukan dari anda yang menjadi contoh bagi yang lain, kita akan berharap pada siapa lagi? Jadilah penyelamat lingkungan mulai dari anda sendiri.

Pelajari selengkapnya tentang produk kami dengan klik tulisan ini!

solusikebersihan.com merupakan platform online yang menyediakan solusi peralatan kebersihan, klik di sini untuk mempelajari produk kami. Kami juga mengulas topik-topik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, klik di sini untuk mempelajari selengkapnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat kontak kami klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *