Ruang Terbuka Hijau Untuk Publik

Suasana kota yang hijau merupakan dambaan sebagian besar orang didunia. Selain membuat udara menjadi sejuk, Hijau juga memiliki warna yang indah dan membuat kota menjadi menarik untuk dikunjungi. Salah satu cara menjadikan kota menjadi hijau adalah membangun ruang terbuka hijau.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah suatu area atau jalur yang berada dalam kota atau wilayah yang penggunaannya bersifat terbuka. Disebut sebagai ‘kawasan hijau’ karena menjadi tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh alami atau sengaja ditanam untuk memberikan kesan hijau dan teduh. Sebagai contoh, taman kota, jalur hijau di sepanjang jalan, dan areal di sepanjang sungai. RTH memiliki banyak manfaat yaitu (Sumber: 6 Manfaat Ruang Terbuka Hijau – Kota Hijau (pu.go.id)):

  1. RTH memiliki fungsi ekologi.RTH merupakan ‘paru-paru’ kota atau wilayah. Tumbuhan dan tanaman hijau dapat menyerap kadar karbondioksida (CO2), menambah oksigen, menurunkan suhu dengan keteduhan dan kesejukan tanaman, menjadi area resapan air, serta meredam kebisingan.
  2. RTH menjadi ruang tempat warga dapat bersilaturahmi dan berekreasi.Anak-anak mendapatkan ruang untuk bermain, sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi atau video game. Masyarakat dapat berjalan kaki, berolahraga, dan melakukan aktivitas lainnya.
  3. RTH memiliki fungsi estetis.Kehadiran RTH memperindah pemukiman, komplek perumahan, perkantoran, sekolah, mall, dan lain-lain. Bayangkan suasana kantor yang ‘kering’, sekolah yang panas, perumahan yang gersang, mall yang hanya dipenuhi tembok dan tanaman artifisial. Bandingkan dengan kantor, sekolah, perumahan, dan mall yang menghijau. Bukan saja hati dan perasaan jadi adem. Kepala pun bisa diajak berpikir lebih jernih dan kreatif.
  4. RTH dalam tata kota memiliki fungsi planologi.RTH dapat menjadi pembatas antara satu ruang dengan ruang lainnya yang berbeda peruntukannya.
  5. RTH memenuhi fungsi pendidikan.RTH menjadi ruang tempat satwa dan tanaman yang bisa dijadikan sarana belajar. Kalau anak-anak juga dilibatkan dalam pengelolaan RTH,mereka juga akan mendapat pelajaran soft skill yang penting dan mungkin tak bisa didapatkan di bangku sekolah: belajar berorganisasi dan menghayati nilai-nilai luhur dari upaya menjaga kelestarian lingkungan. Ini bekal yang penting bagi mereka sebagai generasi penerus di masa depan, jadi mengapa sekarang?
  6. RTH juga punya fungsi ekonomis.Jenis-jenis tanaman tertentu punya nilai jual dan nilai konsumsi yang lumayan. Bunga, buah-buahan, kayu-kayuan. Apabila ditata dengan baik, RTH bukan saja menjadi lokasi wisata yang strategis, namun juga menghasilkan nilai ekonomi bagi pengelolanya. Oleh karena itu, keberadaan RTH dapat menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.

Dimana kita bisa menemukan RTH di Indonesia? Berikut adalah contoh RTH di Indonesia:

Taman Kota Bungkul, Surabaya

RTH sebaiknya mengisi sekitar 30 persen wilayah suatu kota agar lebih hijau, bersih, dan lebih bebas polusi udara. Sayangnya fasilitas umum seperti industri dan pusat belanja masih menguasai. Perlu ada gebrakan yang solutif agar penghijauan kota dan ekonomi (Industri dan perbelanjaan) kota berjalan beriringan.

Solusikebersihan.com memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia menjadi penyelemat lingkungan. Salah satu caranya dengan menggunakan produk kami. Produk kami terdiri dari tempat sampah fiberglasstempat sampah drum plastiktempat sampah ember plastik, bahkan gerobak sampah yang memiliki kualitas bahan baik.

Tentunya usaha atau misi kami ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu kalau bukan dari anda yang menjadi contoh bagi yang lain, kita akan berharap pada siapa lagi? Jadilah penyelamat lingkungan mulai dari anda sendiri.

Pelajari selengkapnya tentang produk kami dengan klik tulisan ini!

solusikebersihan.com merupakan platform online yang menyediakan solusi peralatan kebersihan, klik di sini untuk mempelajari produk kami. Kami juga mengulas topik-topik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, klik di sini untuk mempelajari selengkapnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat kontak kami klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *